Saya kurang sepakat dengan teman-teman yang membedakan antara manajemen dengan kepemimpinan. Beberapa teman bahkan mengeluarkan statemeny “Memimpin lebih baik dari Memanage”. Sampai sampai beberapa teman berpendapat sebagai manager soft skill lebih utama dibandingkan dengan hardskill yang menurut saya terburu buru dalam mengambil kesimpulan demikian.

Ilgen dan Hollenback (1992) mengatakan bahawa “Jobs are collections of tasks and relationships that are grouped together and assigned to an individual” Karenanya kegiatan manajemen tidak dapat terlepas dari hubungan antara atasan dan bawahan dan juga antar bawahan jika team kerja lebih dari 1. Dengan demikian seorang manager dalam menyelesaikan pekerjaan bersama dengan teamnya perlu dapat memiliki hubungan atasan bawahan yang baik sebagai syaratnya. Dengan kata lain, Kepemimpinan adalah bagian dari Manajemen.

Seorang pemimpin mempengaruhi pengikutnya untuk melakukan pekerjaan. Dan tugas seorang pemimpin bukan hanya menciptakan pengikut yang mengagumi si manager namun juga menyelesaikan pekerjaan dan memecahkan masalah bersama. Di perusahaan tidak ada gunanya anda di kagumi oleh banyak orang namun tidak dapat memotivasi team untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik karena tujuan anda memimpin adalah memecahkan masalah dalam pekerjaan. Kepemimpinan anda akan hilang dengan sendirinya jika anda tidak memberikan hasil yang nyata kepada team anda. Seorang Pemimpin perlu memiliki strategi mengelola pekerjaan yang baik agar agar teamnya dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan dan tidak stress bekerja.

Seorang Manager perlu memiliki keahlian memimpin untuk memastikan team yang dipimpin dengan sukarela mengeluarkan tenaga dan kemampuannya untuk menyelesaikan atau memecahkan masalah dalam pekerjaan. Seorang manager perlu memiliki keahlian memotivasi, menjadi coach, menjadi mentor, memiliki teladan karakter yang baik agar teamnya dengan baik dan sukarela mau mengerjakan pekerjaan yang dibagi kepada mereka. Seorang manager perlu mencuri hati teamnya agar teamnya mau mengerjakan pekerjaannya walaupun managernya sedang tidak ada.

Seorang manager perlu memiliki keahlian Hard Skill dan Soft Skill kepemimpinan secara seimbang jika ingin mecapai performa kerja team berkelanjutan(sustainable team performance). Mangatur pekerjaan baik namun kepemimpinan rendah akan membuat team kehilangan motivasi untuk bekerja. Memimpin team baik namun memiliki kemampuan managerial rendah akan membuat team kehilangan kepercayaan kepada managernya.
Bagaimana pendapat anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *